Minggu, 10 Januari 2010

Laporan PPL

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Pelaksanaan PPL
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi turut mewarnai dunia pendidikan kita dewasa ini. Tantangan-tantangan peningkatan mutu, relevansi, dan efektivitas pendidikan sebagai tuntutan nasional sejalan dengan perkembangan dan kemajuan masyarakat, berimplikasi secara nyata dalam program pendidikan dan kurikulum sekolah. Tujuan dari program kurikulum dapat tercapai dengan baik jika programnya didesain secara jelas dan aplikatif. Dalam hubungan inilah para guru dituntut untuk memiliki kemampuan mendesain programnya dan sekaligus menentukan strategi indikator yang harus ditempuh. Para guru harus memiliki keterampilan memilih dan menggunakan metode mengajar untuk diterapkan dalam system pembelajaran yang efektif.
Sehingga Mahasiswa yang menggali ilmu pengetahuan dalam bidang keguruan tidak hanya menimba ilmu di bangku perkuliah atau secara teoritis saja, akan tetapi harus memiliki pengalaman realistis dan pengaplikasian ilmu pengetahuan yang pernah di pelajari di bangku perkuliahan.
Dalam Undang-Undang SISDIKNAS No.02 tahun 1989 disebutkan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kamampuan serta meningkatkan mutu kehidupan serta martabat manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan tujuan nasional. Upaya peningkatan mutu pendidikan Indonesia dapat meningkatkan harkat dan martabat manusia sehingga dengan sendirinya menuntut penyesuaian pendidikan. Pendidikan senantiasa disesuaian dengan penkembanagan masyarakat dan kemajuan teknologi.
Praktek pengalaman lapangan (PPL) ini merupakan salah satu mata kuliah kegururan sekaligus praktek kependidikan yang dilaksaakan di luar kampus. Kegiatan ini sebagai wujud Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu pengajaran dan pendidikan; penelitian dan pengolahan; serta pengabdian masyarakat, yang objeknya adalah Sekolah Formal. Sehingga dijadikan dasar dan alasan perlunya peningkatan mutu dan kualitas calon tenaga edukatif, agar memiliki kemampuan akadmik maupun profesionalisme untuk meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu IAID (Institut Agama Islam Darussalam) melaksnakan program akademik yaitu PPL.
Praktek Pelaksanaan Lapangan (PPL) IAID Ciamis merupakan suatu program yang dirancang untuk melatih mahasiswa agar memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai keguruan secara utuh dan integrative. Pengetahuan dan keterampilan keguruan, merupakan kemampuan khusus yang harus dimiliki oleh semua guru, mencakup penampilan melaksanakan tugas-tugas keguruan dan mensosialisasikannya di depan murid secara benar serta dapat dipertanggungjawabkan. Guru tidak hanya bertugas mentransfer pengetahuan kepada murid, tetapi harus menanamkan pengetahuan dan keterampilan tersebut kepada mereka dengan penuh tanggungjawab.

B. Tujuan PPL
Praktek pengalaman lapangan (PPL) bertujuan untuk:
1. Membentuk guru yang professional, agar ilmu pengetahuan yang telah dimiliki oleh para mahasiswa dapat diamalkan secara nyata dilapangan.
2. Memperkenalkan mahasiswa terhadap lapangan kerjanya secara akrab, yang dikemudian hari akan menjadi tempat pengabdiannya.
3. Menghantarkan mahasiswa agar dapat menguasai dan menampilkan kemampuan mengajar secara tertib administrative.
4. Membentuk mahasiswa agar mempu menampilkan kemampuan keguruan secara utuh dan integrative di depan para murid.

C. Kegunaan PPL
1. Sebagai upaya untuk memantapkan ilmu-ilmu yang telah di pelajari.
2. Merupakan ujian untuk melihat kelayakan mahasiswa calon guru
3. Merupakan wahana bagi calon guru untuk mendapatkan gambaran nyata mengenai proses belajar mengajar yang sesungguhnya.
4. Sebagai wahana untuk mengkondisikan calon guru kepada situai yang sebenarnya.
5. Ketika PPL, calon guru dapat merasakan perbedaan antara teori yang dipelajari degan kondisi dilapangan yang sesungguhnya.
6. Sebagai langkah awal calon guru untuk mempersiapkan diri untuk menjadi guru yang sebenarnya.
7. Memberikan kemugkinan untuk menjalin hubungan antara IAID Ciamis dengan pihak sekolah yang menjadi tempat di laksanakannya PPL.
























BAB II
KONDISI OBJEKTIF LOKASI PPL

A. Visi, Misi dan Tujuan Sekolah/Madrasah
Sebelum memahami dan mengetahui Visi dan Misi serta Tujuan Sekolah / Madrasah ini maka perlu diketahui identitas sekolah / madrasah terlebih dahulu antara lain sebagai berikut:
1. Identitas Sekolah/Madrasah
a. Nama Sekolah/Madrasah : Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangandaran
b. Alamat Sekolah :
1) Jalan : Jalan Merdeka No. 113
2) Kelurahan : Pananjung
3) Kecamatan : Pangandaran
4) Kota/Kabupaten : Ciamis
c. Status Sekolah/Madrasah : Negeri
d. Waktu Belajar :
1) Masuk : Jam 07.10 WIB
2) Keluar : Jam 13.30 WIB
3. Istirahat : Jam 10.10 WIB dan Jam 11.45 WIB
2. Visi dan Misi Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangandaran
a. Visi
“Terwujudnya Siswa Madrasah yang Berakhlak Mulia, Beretos Kerja Tinggi, Berfikir Kritis Terhadap Perkembangan dan Peradaban Islam”
b. Misi
Mengembangkan kemampuan dasar siswa menjadi muslim yang taat beribadah dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi
Mengembangkan budaya madrasah yang bercirikan khas islam
Mengembangkan pemahaman keagamaan yang toleran, inklusif dan demokratif
Mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan sistematis dalam memahami peradaban islam

c. Tujuan Madrasah
Berdasarkan Misi Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangandaran, maka tujuan (goal) yang ingin dicapai meliputi :
1. Menciptakan peserta didik yang menjunjung tinggi dan memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
2. Menciptaka peserta didik yang menjunjung tinggi dan memiliki kemandirian dalam bersikap, bertindak dan berprilaku.
3. Mewujudkan suasana kondusif bagi proses pembelajaran.
4. Mewujudkan peserta didik yang cerdas, terampil, berfikir kritis, kreatif inovatif dan produktif.
5. Menyediakan sarana dan media pembelajaran yang efektif dan inovatif.
6. Membangun kemampuan tenaga pendidik agar terwujud suasana pembelajaran yang kondusif, efektif dan inovatif.
7. Mengimplentasikan kurikulum satuan Pendidikab (KTSP) dan budaya kompetitif.
8. Mewujudkan system pembelajaran yang kondusif.
9. Mewujudkan pola pengelolaan menjemen madrasah yang terbika dan transparan.
10. Menanamkan sikap juang dalam kebenaran dan kebaikan.

B. Keadaan Siswa
Keadaan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangandaran pada Tahun Pelajaran 2008/2009 berjumlah 740 siswa, yang terdiri dari 335 siswa laki-laki dan 405 siswa perempuan. Lebih rincinya perhatikan bagan dibawah ini:
No Kelas Jumlah Jumlah total Keterangan
Laki-laki Perempuan
1 Kelas VII 109 139 248
2 Kelas VIII 128 159 287
3 Kelas IX 98 107 205
Jumlah 335 405 740

C. Keadaan Guru dan Karyawan
Keadaan guru dan karyawan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangandaran, merupakan tenaga pengajar yang akhli pada bidangnya, sehingga dalam kegiatan belajar mengajar sangat tersusun dengan rapih dan baik, bukan hanya itu saja para pegawai/guru di MTsN Pangandaran ini memiliki tanggung jawab yang tinggi terbukti selama kami melaksanakan kegiatan PPL mereka selalu konsisten dan aktif dalam kehadiran baik bagi guru yang menjadi DLB ataupun guru yang lain.
Untuk lebih jelasnya mengenai personalia Sekolah sebagai berikut:
1. Keadaan Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangandaran tahun 2008/2009:
No Nama Mata Pelajaran Jabatan
01 Drs. Yamin B. Indonesia Kepala Sekolah
02 Hj. Mia M, S.Ag. Fiqih,
03 Drs. Adis PPKN, IPS Bid Kesiswaan
04 Herman, S.Pd.I Aqidah Bid Sarana & prasarana
05 Dra. Ruhayati IPA Bid Kurikulum
06 Yuyun Y, S.Pd IPA
07 Dedi ruhendi Matematika
08 M. Ishak S, M.Pd IPA Wkl Kepala Madrasah
09 Ngalimun H Matematika Bid Humas
10 Juju Juarsih IPA, B. Indonesia
11 Yusuf Sidik IPS
12 Imam S, S.Ag Qurdits, B.Arab
13 N. Dodoh, S.Pd.I Qurdits, fiqih
14 Ifah FAhrul, S.Pd IPS
15 Imas Ismayanti Matematika
16 Dra. Elia N B. Indonesia
17 Drs. Mukhlis Qurdits, Ski
18 Empat F, S.Pd IPS, B. Sunda
19 Komariyah, S.Ag BTQ, Qurdits
20 A. Purwanto S.Ag B. Arab
21 Hanif H S.Pd B. Inggris
22 Sulastri, S.Ag KTK, Akidah
23 Erwin, S.Pd Olahraga
24 Imam, S.Pd Olahraga
25 Yudi H S.Pd BTQ, Inggris
26 Yoyo, S.Pd.I TIK
27 Ida F, S.Pd B. Sunda
28 Anna B, S.Pd KTK
29 Eti S, S.Pd B. Inggris
30 Dra. Rusmiyati B. Indonesia
31 Dani P, S.Pd B. Indonesia
32 Emma A, S.Pd SKI, Akidah A
33 Devi K, S Sos PKN
34 Rulyadi ST TIK
35 M. Arif ST TIK, Akidah
36 Ivone M S.Ag B. Arab, BP
37 Yulia A.S.Pd B. Inggris
38 Suwardi S.HI BP, SKI
39 Yusep N Olahraga
40 Guntur G Olahraga

Jumlah Guru berdasarkan Latar Belakang Pendidiakn:
No Jenjang Pendidikan Laki-laki Perempuan Jumlah
1 Pasca Sarjana 1 - 1
1 Sarjana 16 17 33
2 Sarjana Muda 3 1 4
3 Menengah Atas 2 - 2
Jumlah 22 18 40



4. Keadaan Pegawai : 11 Orang terdiri dari:
No Nama Jabatan Keterangan
1 Imas Maelani Kepal TU
2 Dodoh Rabiah Lw, S.Pd.I Bendahara
3 Dede Staf Administarsi
4 Abdurahman Staf Administarsi
5 Siswanto Staf Administarsi
6 Evi Staf Administarsi
7 Ahmad Pustakawan
8 Nurul Pustakawan
9 Sugiono Pesuruh
10 Nono Pesuruh
11 Juhendi Penjaga/Satpam

D. Sarana dan Prasarana
1. Keadaan Gedung : 2 (dua) Unit
a) Keadaan Bangunan : Permanen 2 (dua) lantai
b) Lokasi : Ramai (pusat kota)
c) Pemeliharaan : Baik/selalu terawat
2. Keadaan Ruangan
a) Ruang Belajar : 20 Buah
b) Ruang Kantor : 1 Buah
c) Ruang Perpustakaan : 1 Buah
d) Ruang Laboratorium : - Buah
e) Ruang Olah Raga : - Buah
f) Ruang Kesenian : - Buah
g) Ruang gudang : 3 Buah
h) Ruang Kantin : 1 Buah
i) Ruang WC : 7 Buah
j) Ruang Penjaga : 1 Buah
k) Ruang Komputer : 1 Buah
l) Ruang Lain-lain : - Buah
3. Keadaan Lapangan
a) Upacara : 1 Buah
b) Olah Raga : 1 Buah
c) Bermain : 1 Buah
4. Kelengkapan Ruangan
Jenis Ruangan Meja Kursi Daft Status Graf Diagr Lain2
Kep.Sek/Mad 2 2 3
Kantor 7 10 12 1 2
Guru 30 30 1
Kelas 410 820 20
Lain-lain 17 17 4

E. Program Kerja Sekolah/Madrasah
1. Bidang Kurikulum
a) Pengadaan Perangkat Kurikulum yang disesuaikan
b) Pembagian tugas guru dan karyawan
c) Jadwal pelajaran
d) Program semester dan RPP
e) Evaluasi
f) Perpustakaan
g) Olahraga
h) Kesenian
i) Bimbingan dan Penyuluhan
j) Buku pegangan guru dan siswa
k) Alat peraga
2. Bidang Ketenagaan
a) Guru
1) Melengkapi bidang studi sesuai ketentuan
2) Mewajibkan guru-guru untuk meningkatkan wawasan keilmuan
3) Menambah pengetahuan guru dengan izin belajar
4) Meningkatkan tugas peran guru sebagai wali kelas, BK dan orang tua disekolah
b) Pegawai Tata Usaha dan Pesuruh
1) Membagi tugas ketatausahaan
2) Membuat program tata usaha
3) Melengkapi dan menyimpan data-data
4) Memberikan kesempatan kepada pegawai untuk melanjtkan pendidiakn dan latihan
5) Membagi tugas bersama pesuruh untuk siang dan malam hari
3. Bidang Kesiswaan
Kegiatan Ekstrakurikuler terdiri dari:
a) Membentuk tim kesenian dan olahraga
b) Membuat dan melaksanakan program osis
c) Kegiatan Kepramukaan
d) Kegiatan UKS
e) Melaksanakan Jumat bersih
f) PASKIBRA
g) PMR
h) Kegiatan Mading bagi siswa
4. Bidang Sarana dan Prasarana
a) Pemeliharaan Gedung
1) Ruang Belajar
2) Ruang kepala sekolah
3) Ruang guru
4) Ruang perpustakaan
5) Ruang tata usaha
b) Pemeliharaan Halaman dan Taman
c) Pemeliharaan WC dan Urinoir
d) Pemeliharaan Mebeler
5. Bidang Ketatausahaan
a) Pengelolaan Surat menyurat
b) Pengelolaan administrasi umum
c) Pengelolaan administrasi surat-surat

6. Bidang Hubungan
a) Intern
1) Hubungan kepala sekolah, guru dan karyawan
2) Hubungan guru dengan guru dan karyawan
3) Hubungan guru, karyawan dengan kepala sekolah
4) Hubungan sivitas MTs N Pangandaran
b) Ekstern
1) Hubungan antar sekolah sejenis
2) Hubungan dengan instansi lain
3) Hubungan vertical dengan Dinas Pendidiakn atau Departemen Agama
4) Hubungan dengan Komite dan orang tua siswa




















BAB III
PELAKSANAAN PPL

A. Mata Pelajaran dan Materi Pokok yang diajarkan
1) Mata Pelajaran yang dilaksanakan dalam Pelaksanaan PPL
- Qur’an Hadits
2) Materi Pokok yang diajarkan
- Al-Qur’an Surat Pilihan
- Al-Qur’an surat pendek pilihan tentang menimbun harta

B. Sumber Belajar yang Digunakan
1. Buku Paket Al qur’an Hadits MTs, Kelas I Drs. Amir Abyan, M.A
2. Buku Paket kelas I MTs, Departemen Agama RI,
3. Terjemahan Alqur’an. Departemen Agama RI
4. Ilmu Tajwid, Kitab Tuhfatul atfal
C. Media Pembelajaran yang Digunakan
Buku paket dan peserta didik
D. Respon Siswa dalam Pembelajaran
Kondisi belajar mengajar yang efektif adalah adanya minat dan perhatian siswa dalam belajar. Alhamdulillah pengalaman yang kami temukan dilapangan bahwa para siswa MTs Negeri Pangandaran khusunya kelas VII C memberikan respon yang positif kepada kami yang ditandai dengan keterlibatan mereka dalam proses belajar mengajar. Mereka lebih terbuka dan nyaman serta lebih aktif, ketika mempunyai rasa bahwa dari guru praktikan tidak ada beban yang mengarah kepada intimidasi dalam belajar.

E. Evaluasi Pembelajaran
Pelaksanaan Ujian Praktek Keguruan dilaksanakan setelah selesainya jumlah pertemuan setiap mahasiswa yang jumlahnya 8 jam pertemuan. Dan secara garis besarnya evaluasi kegiatan praktek keguruan meliputi :


1. Tahap evaluasi pra latihan (oleh dosen methodik khusus)
Yaitu evaluasi sebelum pembinaan dan pemantapan bagai mahasiswa sebelum terjun ke lapangan.
2. Evaluasi selama kegiatan latihan (dilakukan oleh guru pamong dan dosen pembimbing).
Yaitu evaluasi yang dilaksanakan di sekolah yang telah ditentukan sebagai tempat Praktek, meliputi kegiatan Observasi, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan kegiatan ekstra kurikuler.
3. Evaluasi Akhir
Yaitu evaluasi yang dilakukan oleh mahasiswa dengan cara menampilkan satu pelajaran di kelas dengan memperhatikan kriteria-kriteria Kegiatan Belajar Mengajar (teaching learning activity), dan sebagai evaluatornya Dosen yang telah ditentukan.

Evalusi adalah suatu proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan (Mehrens & Lehmann, 1978:5). Oleh karena itu kami sebagai guru praktikan yang selama praktikan harus bertanggung jawab kepada guru pamong mencoba memberikan sedikit informasi melalui hasil tes yang telah kami lakukan kepada siswa, dengan data sebagai berikut :

No
Nama Nilai Nilai Akhir Ket
Kognitif Afektif Psikomotor
1 Ade wahdiaty 67 75 83 75
2 Di Gian Afbilianto 74 84 72 76.6
3 Adi Hermanto 85 68 82 78.3
4 Aji Kasmwan 76 97 84 85.6
5 Andika Pangestu 84 84 76 81.3
6 Apuh Gustamat 82 75 83 80
7 Dedik Setiawan 72 70 80 74
8 Dewi Lestari 75 80 92 82.3
9 Fajar Ansori Sidik 76 78 73 75.6
10 Gumelar T.S 84 98 71 84.3
11 Hami Restiani 85 65 68 72.6
12 Hanifah 94 84 84 87.3
13 Hasanah Tuzuhro 85 86 65 78.6
14 Hendra Nurbika 67 75 83 75
15 Hesti Sugesti 74 84 72 76.6
16 Hikmah Fitriani 85 68 82 78.3
17 Ihdaul Fazni 76 97 84 85.6
18 Indina Zamalina 84 84 76 81.3
19 Irfan Fauzan 82 75 83 80
20 Isyah Safikri 69 90 76 78.3
21 Insani Nasriani 85 82 79 82
22 Izki Naila F 75 84 81 80
23 Mahmud Ansari 72 90 94 85.3
24 Muhksin Hamdani 84 84 76 81.3
25 Nani Widiawati 82 75 83 80
26 Neneng Nuraulia 69 90 76 78.3
27 Peni Septiani 85 82 79 82
28 Furni Erniati 75 84 81 80
29 Ridwan Saepul G 72 90 94 85.3
30 Rina Wahyuni 81 76 72 76.3
31 Rizal Julkarnain 89 67 80 78.6
32 Sivi Anisa 81 90 91 87.3
33 Siti Nurhasanah 89 89 75 84.3
34 Tifani Elkanimah 90 95 91 92
35 Tita Irmawati 75 89 89 84.3
36 Ujang Ruswandi 81 76 72 76.3
37 Umu Nurhasanah 89 67 80 78.6
38 Yani Rahmawai 81 90 91 87.3
39 Yanti Puspitasari 89 89 75 84.3
40 Yopi Yulisvia 90 95 91 92
41 Gingin Ginanjar 75 89 89 84.3
42 Agung Gumelar 90 85 75 83.3

BAB IV
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Penyusunan laporan kegiatan ini sebagai kegiatan akhir dari rangkaian praktek keguruan Fakultas Tarbiyyah Program S1/PAI Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis.
Dengan selesainya penulis membuat laporan ini, berharap semoga laporan ini bermanfaat, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi masyarakat luas. Juga menjadi bekal dalam peningkatan keterampilan mengajar.
Dari uraian data-data yang kami sajikan dalam pembahasan dapat memperoleh kesimpulan :
1. Rangkaian Praktek Pendalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan emas bagi setiap mahasiswa yang melakukan praktikan khususnya mahasiswa Insitutut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis, dalam memperoleh suatu pengalaman keguruan, sambil menerapkan berbagai teori pendidikan yang telah dipelajari dalam perkuliahan.
2. Dengan Praktek Pendalaman Lapangan (PPL), praktikan dapat memahami penyelenggaraan pendidikan khususnya di MTs. Negeri Pangandaran, dengan pengalaman langsung dalam melaksanakan praktek proses belajar mengajar.
3. Kegiatan PPL diharapkan mampu menumbuh kembangkan potensi profesonalisme pendidikan pada diri praktikan dan mampu menganalisis kelebihan dan kekurangan diri sebagai calon guru.

B. SARAN
Berdasarkan pengalaman yang telah dirasakan oleh praktikan selama melaksanakan PPL di MTs. Negeri Pangandaran, ada beberapa saran yang perlu diperhatikan guna pelaksanaan praktek selanjutnya, yaitu:
1. Bagi mahasiswa yang akan melaksanakan PPL diharapkan dapat lebih mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan praktek kerja, supaya nantinya tidak kesulitan dalam melaksanakan praktek.
2. Bagi sekolah yang digunakan untuk PPL diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa yang sedang melaksanakan praktek yaitu memberikan informasi-informasi bimbingan dan pengarahan kepada yang lebih baik.

Tidak ada komentar: