Minggu, 03 Januari 2010

Kebijaksanaan

Kebijaksanaan akan hadir dalam diri seorang insan yang bisa menembus batiniyah kehidupan. Kebijakasanaan tidak akan hadir pada sembarang orang. Hanya orang yang suci hatinyalah yang bisa memancarkan sifat bijak. Orang biasa-biasa yang penuh dengan hati yang kotor tidak mungkin mendapatkan sifat bijak.

Orang terkenal karena kebijaksanaanya bukan karena harta yang melimpah atau jabatan yang tinggi. Mereka justru mendapat amanah yang begitu berat dan begitu besar pertanggungjawabannya. Didunia saja sudah banyak siksaannya, cape dengan tuntutan ini dan itu oleh masyarakat gimana nati di akhirat ditanya oleh sang pencipta kita. naudzubillah.

Mencari sikap bijak teramat sulit. kita membutuhkan maqam-maqam yang mesti kita lalui. Kejernihan berpikir dan bertindak adalah salah satunya. Kita memandang dunia bukan dengan keserakahan tapi dengan tugas yang sebenarnya bahwa kita merupakan khalifah.

Berpikir bijak aadalah sikap yang mesti kita tanamkan dalam kehidupan sehari-hari kita gunakan untuk diri kita sendiri, orang lain sebagai sesama manusia, dan juga terhadap makhluk Allah yang lainnya. Mudah-mudahan kita termasuk orang yang bijak dalam berbicara dan bersikap.

Tidak ada komentar: